hegemoni


hegemoni

hegemoni pada awalnya merujuk pada dominasi (kepemimpinan) suatu negara-kota Yunani terhadap negara-kota lain dan berkembang menjadi dominasi negara terhadap negara lain
Konsep hegemoni banyak digunakan oleh sosiolog untuk menjelaskan fenomena terjadinya usaha untuk mempertahankan kekuasaan oleh pihak penguasa. Penguasa disini memiliki arti luas, tidak hanya terbatas pada penguasa negara (pemerintah).
Kata hegeisthai (Yunani) merupakan akar kata dari hegemoni, yang mempunyai pengertian memimpin, kepemimpinan, kekuasaan yang melebihi kekuasan yang lain.
Hegemoni dikembangkan oleh filsuf Marxis Italia Antonio Gramsci (1891-1937).

Hegemoni bisa didefinisikan sebagai: dominasi oleh satu kelompok terhadap kelompok lainnya, dengan atau tanpa ancaman kekerasan, sehingga ide-ide yang didiktekan oleh kelompok dominan terhadap kelompok yang didominasi diterima sebagai sesuatu yang wajar (common sense)dan tidak mengekang pikiran

Secara umum, hegemoni adalah sebagai suatu dominasi kekuasaan suatu kelas sosial atas kelas sosial lainnya, melalui kepemimpinan intelektual dan moral yang dibantu dengan dominasi atau penindasan.

contoh

Salah satu tindakan bermusuhan Barat terhadap Iran adalah menuduh Republik Islam melakukan pelanggaran HAM dengan bermacam alasan. Sebenarnya, Barat ingin menjustifikasi kebijakan hegemoniknya dan memberi legitimasi atas aksi-aksi arogannya di lembaga-lembaga internasional. Manuver terbaru Barat adalah mengajukan draf resolusi oleh pemerintah Kanada di Sidang Majelis Umum PBB pada 27 November lalu. Komisi Tiga Majelis Umum dalam sidangnya meloloskan resolusi anti-Iran itu.

referensi

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Hegemoni
  2. http://synaps.wordpress.com/2005/12/01/pengantar-hegemoni/
  3. http://pusatbahasaalazhar.wordpress.com/pesona-puisi/teori-hegemoni/
  4. http://indonesian.irib.ir/sosialita/-/asset_publisher/QqB7/content/isu-ham-alat-kepentingan-hegemoni-barat

semoga berguna 🙂

Iklan

tinggalkan pesan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: