menghitung sisa karakter textarea dengan javascript

kali ini kita membuat script yang akan menghitung sisa / jatah karakter yang dapat di inputkan pada sebuah textarea

problem utamanya adalah karakter enter dimana karakter ini dibaca 2 oleh browser

ok terimaksih buat

http://stackoverflow.com/questions/10030921/chrome-counts-characters-wrong-in-textarea-with-maxlength-attribute?lq=1

akire nemu buat ngatasin ketikan enternya,sebenarnya ada juga disini http://www.codefromjames.com/wordpress/?p=15

tapi susah dimengerti kodenya (sori agak noob gua hehehe)dan masih ada jeda / range

waktu untuk memunculkan hasilnya ketika diketik

file lengkapnya,simpan dengan nama sisakarakter.html disini saya memakai batas 148 jika ingin lebih / kurang nilai ganti semua nilai 148

dengan nilai yang anda inginkan

<html>

<head>
<script Language="JavaScript">
function textCounter(field,cntfield,maxlimit,f) {

var addition = 0;
 var newLines=f.value.match(/(\r\n|\n|\r)/g);
 if (newLines != null) {
 addition = newLines.length;
 }
 cntfield.value = (maxlimit - field.value.length) - addition;

}
</script>
</head>

<body>

<form id="sms_id" method="post" name="sms" >

<textarea style="display:inline;font-size: 14pt;" name="pesan" wrap="off"
 rows="10" maxlength="148" cols="40"
onKeyDown="textCounter(document.sms.pesan,document.sms.maks,148,this)"
onKeyUp="textCounter(document.sms.pesan,document.sms.maks,148,this)" ></textarea>
<input name="maks" type="text" id="batas" size="4" value="148" readonly/> Char
</form>
</body>
</html>

semoga berguna 🙂

referensi

http://stackoverflow.com/questions/10030921/chrome-counts-characters-wrong-in-textarea-with-maxlength-attribute?lq=1

Mengganti banyak karakter atau huruf dengan php

untuk mereplace / mengganti suatu huruf menggunakan php kita dapat menggunakan fungsi

str_replace(huruf target,huruf pengganti,string kata )

contoh


<?php

//jika satu kata
$pesan= str_replace('saya', 'aku',"saya jagoan");
kata asal : saya jagoan
hasil :aku jagoan

//jika banyak kata kita masukkan target kata yang mau diganti pada sebuah array,
//dibawah ini kata akan dihilangkan dengan diganti ''
$string_replace = array('\'', ';', '[', ']', '{', '}', '|', '^', '~');
$pesan= str_replace($string_replace, '',"\;[]inicontohkata");

kata asal : \;[]inicontohkata
hasil :inicontohkata
?>

semoga berguna 🙂

Kereta api bisnis ac bikin kedinginan

Kali ini cerita tentang perjalanan saya kemarin ke jember menaiki kereta api bisnis. Kebulan waku itu pesan langsung di situs resminya kereta api (karena pesan di situs resminya kita bisa memilih tempat duduk). Ya biar bisa sebangku sm doi gw dan menjauhi bangku yang dekat dengan toilet waktu hari H ternyata gw dapat kereta bisnis AC .( mungkin semua kreta bisnis udah di perbarui dengan ac oleh PT kereta api) maklum udah lama ndak naik kereta. Tapi ternyata pake ac ndak seenak yang dibayangkan ac di gerbong ada 3 dan berpasangan jadi jumlah nya 6 .mana dinyalakan semua, Jadi kepala depan belakang kena pusing deh!!. Tanya sama pegawai yang kasih bantal cuman bilang ya nanti akan saya sampaikan pada mekaniknya. Untung gw pake jaket tebel . Nah buat lindungin kepala dari belakang agan -agan bisa sewa bantal seperti saya nih screenshotnya
Tampak ac dari depan

???????????????????????????????

Tampak ac dari belakang + bantal pelindung saya

???????????????????????????????
akhirnya perjalanan pulang saya beli topi jamrud heheh biar tidak kedinginan

???????????????????????????????
Semoga berguna 🙂

Ditulis dalam info. Leave a Comment »